Senin, 27 Mei 2019
Jumat, 23 November 2018
KRITIK DOKTRINAL TEATER IMAX KEONG MAS TMII
KRITIK
ARSITEKTUR
KRITIK
DOKTRINAL TEATER IMAX KEONG MAS TMII
Kritik
Arsitektur Doktrinal
Metode
Kritik Doktrinal adalah metode yang menggunakan satu norma yang bersifat
general, pernyataan prinsip yang tak terukur. Metode doktrinal ini merupakan
metode yang digunakan untuk menganalisis bangunan yang secara fisik dapat
langsung terlihat ciri dan gayanya dengan bangunan-bangunan sebelumnya dimana
menjadi sebuah doktrin bagi si pengikutnya. Dan secara mutlak menjadi kriteria
yang harus diikuti oleh lainnya.
Doktrin
sebagai dasar dalam pengambilan keputusan desain arsitektur yang berangkat dari
keterpesonaan dalam sejarah arsitektur.
§ Sejarah
arsitektur dapat meliputi : Nilai estetika, etika, ideologi dan seluruh aspek
budaya yang melekat dalam pandangan masyarakat. Melalui sejarah, kita mengenal
:
Ø Form
Follow Function - Function Follow Form
Ø Form
Follow Culture - Form Follow World View
Ø Less
is More - Less is Bore
Ø Big
is beauty – Small is beauty
Ø Buildings
should be what they wants to be
Ø Building
should express : Structure, Function, Aspiration, Construction
Ø Methods,
Regional Climate and Material
Ø Ornament
is Crime - Ornament makes a sense of place, genius loci or extence of
architecture.
§ Doktrin
bersifat tunggal dalam titik pandangnya dan biasanya mengacu pada satu ‘ISME’
yang dianggap paling baik.
Kritik
Arsitektur Doktrinal Teater Imax Keong Mas TMII
Teater
Imax Keong Emas didirikan atas prakarsa Almarhumah Hj. lbu Tien Soeharto, dan
mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984 yang dimaksudkan sebagai sarana
rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa
melalui tayangan film (audio-visual) layar raksasa dengan menggunakan
kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX dengan memutar film
"Indonesia Indah". Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film di
Teater Imax Keong Emas tidak hanya menampilkan film - film seri Indonesia Indah
saja, namun juga diselingi dengan memutar film - film import yang bernuansa
pendidikan dengan tema - tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun
tema - tema lingkungan hidup. Teater IMAX Keong Emas menempati area tanah seluas
4,4 Ha dan dapat menampung sekitar 1.000 pengunjung. Karena kemegahan gedung
dan perangkat teknologinya, teater ini sering mendapatkan sejumlah penghargaan
dari berbagai lembaga. Salah satu penghargaan yang diterima datang dari lembaga
Guiness Book of Record yang menganugerahi teater ini karena dianggap telah
memecahkan rekor layar terbesar untuk teater IMAX di seluruh dunia dan meraih
Sertifikat Museum Rekor Indonesia (Muri), karena merupakan replika bangunan
terbesar di Indonesia.
Kelebihan
dan Kekurangan Teater Imax Keong Mas TMII
Kelebihan
:
§ Terdapatnya
Ruang Terbuka Hijau Kawasan
§ Public
Space
§ Ide
dasar dari bentuk keong ini, berawal dari suatu Legenda Keong Emas cerita
rakyat yang pouler di darah Jawa Tengah dan Jawa Timur
§ Bangunan
kubah yang menggunakan sistem struktur cangkang.
§ Pondasi
yang digunakan bangunan ini yaitu pondasi tiang pancang yang memiliki kedalaman
sekitar 12 – 16 m, karena dilihat dari keadaan tanah yang rawan.
§ Kubah,
memiliki permukaan kelengkungan satu arah (singly curved)
§ Hyperbolic
Paraboloid, memiliki permukaan kelengkungan dua arah (double curved)
§ Barel,
memiliki permukaan kelengkungan satu arah (singly curved)
Kekurangan
:
§ Site
berada di daerah yang rawan gempa.
§ Butuh
ketelitian saat membuat struktur cangkangnya. Akibatnya membutuhkan waktu yang
lama untuk menyelsaikannya.
§ kendala yang dihadapi kini adalah ongkos
perawatan teknologi Imax yang tinggi serta biaya sewa film yang mahal,
"Sementara untuk operasional serta agar modal kembali, kita hanya mengandalkan
pembelian tiket dari para pengunjung," jelas Ery lagi.
Jumat, 02 November 2018
KRITIK DESKRIPTIF MASJID RAYA SUMATRA BARAT
KRITIK
ARSITEKTUR
KRITIK
DESKRIPTIF MASJID RAYA SUMATRA BARAT
Kritik
Arsitektur Deskriptif
Kritik Arsitektur
Deskriptif bersifat tidak menilai, tidak menafsirkan atau semata-mata membantu
orang melihat apa yang sesungguhnya ada. Kritik ini berusaha mencirikan
fakta-fakta yang menyangkut sesuatu lingkungan tertentu.
Dibandingkan metode
kritik yang lain metode kritik deskriptif tampak lebih nyata (faktual)
deskriptif mencatatat fakta-fakta pengalaman seseorang terhadap bangunan atau
kota.
Kritik Arsitektur
Deskriptif terdiri dari 3 metode yaitu :
1.
Kritik Depiktif / Depictive Criticism
(Gambaran Bangunan)
2.
Kritik Biografis / Biographical
Criticism (Riwayat Hidup)
3.
Kritik Kontekstual / Contextual Critism
(Peristiwa)
Kritik
Arsitektur Deskriptif Masjid Raya Sumatra Barat
1.
Kritik Depiktif / Depictive Criticism
(Gambaran Bangunan)
Kritik depiktif tidak
dapat disebut kritik sepenuhnya karena tidakmenggunakan pernyataan baik atau
buruk. Kritik ini fokus pada bagian bentuk, material, serta texture. Kritik
depiktif pada sebuah bangunan jarang digunakan karena tidak menciptakan sesuatu
yang kontroversial dan dikarenakan cara membawakan verbal mengenai fenomena
fisik jarang provocative atau seductive untuk menahan keinginan pembaca untuk
tetap memperhatikan. Fotografi paling sering digunakan ketika ketelitian dalam
penggambaran bahan bangunan diinginkan.
2.
Kritik Biografis / Biographical
Criticism (Riwayat Hidup)
Masjid raya sumatra
barat juga dikenal dengan “masjid mahligai minang” masjid ini masjid terbesar
di sumatra barat, terletak menghadap jalan khatib sulaiman, kecamatan padang
utara, kota padang. Masjid ini sejak awal tahun 2012 dijadikan pusat kegiatan
keagamaan oleh pemerintah provinsi.
Nama bangunan : Masjid Raya Sumatra Barat
Lokasi : Kota padang, Sumatra Barat
Arsitek : Rizal
Muslimin
Luas tanah : 40.343 m²
Luas bangunan : 4.430 m²
Daya tampung : 5000-6000 orang
Arsitektur masjid ini
memakai rancangan yang dikerjakan oleh arsitek rizal muslimin, pemenang
sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada tahun
2007. Kosntruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis sumatra barat
yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar. Menurut rancangan,
kompleks bangunan akan dilengkapi pelataran, taman, menara, ruang serbaguna,
fasilitas komersial, dan bangunan pendukung untuk kegiatan pendidikan.
Masjid raya sumatra
barat menampilkan arsitektur modern yan tak identik dengan kubah. Atap bangunan
menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu hajar
aswad. Ketika empat kabilah suku quraisy di mekkah berselisih pendapat mengenai
siapa yang berhak memindahkan batu hajar aswad ke tempat semula setelah
renovasi kabah, Nabi Muhammad SAW memutuskan meletakkan batu hajar aswad di
atas selembar kain sehingga dapat diusung bersama oleh perwakilan dari setiap
kabilah dengan memegang masing-masing sudut kain. Ruang utama dignakan untuk
sholat, dilantai dua adalah ruang lepas. Lantai dua dengan elevasi tujuh meter
dapat diakses langsung melalui ramp, teras terbuka yang melandai ke jalan.
Dengan luas 4.430 meter persegi, lantai dua diperkirakan dapat menampung
5000-6000 jemaah. Lantai dua ditopang oleh 631 tiang pancang dengan pondasi
poer berdiamter 1,7 meter pada kedalaman 7,7 meter. Dengan kondisi topografi
yang masih dalam kedaaan rawa, kedalaman setiap pondasi tidak dipatok karena
menyesuaikan titik jenuh tanah-tanah. Adapun lantai tiga berupa mezanin
berbentuk leter U memiliki luas 1.832 meter persegi. Konstruksi rangka atap
menggunakan pipa baja. Gaya vertikal beban atap didistribusikan oleh empat
kolom beton miring setinggi 47 meter dan dua balok beton lengkung yang
mempertemukan kolom beton miring secara
diagonal. Setiap kolom miring ditancapkan kedalam tanah dengan kedalaman 21
meter, memiliki pondasi tiang bor sebanyak 24 titik dengan diameter 80
centimeter. Pekerjaan kolom miring melewati 13 tahap pengecoran selama 108 hari
dengan memperhatikan titik koordinat yang tepat.
3.
Kritik Kontekstual / Contextual Critism
(Peristiwa)
Kompleks masjid raya
sumatra barat menempati area seluas 40,343 m² di perempatan jalan khatib
sulaiman dan jalan ahmad dahlan. Bangunan utama yakni masjid terdiri dari 3
lantai dengan denah seluas 4,430 m². Perletakkan batu pertama sebagai tanda
dimulainya pembangunan dilakukan pada 21 desember 2007 oleh gubernur sumatra
barat gamawan fauzi. Sampai tahun 2012, pengerjaan pembangunan masjid telah
melewati 4 tahap. Tahap pertama untuk menyelusaikan struktur bangunan
menghabiskan waktu dua tahun sejak dimulai pada awal tahun 2008. Tahap kedua dilanjutkan
dengan pengerjaan ruang salat dan tempat wudu pada tahun 2010. Tahap ketiga
selama tahun berikutnya meliputi pemasangan keramik lantai dan eksterior
masjid. Tiga tahap pertama berjalan dengan mengandalkan akomondasi APBD Sumatra
Barat sebesar Rp 103,871 miliar, Rp 15,288 miliar, dan 31 miliar. Memasuki
tahap keempat yang dimulai pada pertengahan 2012, pengerjaan menggunakan
kontrak tahun jamak. Tahap keempat mengandalkan anggaran sebesar Rp 25,5 miliar
untuk menyelesaikan ramp, teras yang melandai ke jalan. Pekerjaan pun sempat
terhenti selama tahun 2013 karena ketiadaan anggran dari provinsi. Terkait
keterbatasan pendanaan, alokasi APBD Sumatera Barat untuk pembangunan masjid
semula direncanakan hanya sebagai dana stimulan. Pada awalnya, panitia
pembangunan yang diketuai oleh marlis rahman sempat menghimpun sumbangan
masyarakat untuk membantu pembangunan masjid disamping melakukan kerja sama
dengan pihak swasta dan negara timur tengah. Bantuan dari masyarakat dan
perantau, termasuk donasi via nada sambung hanya berjalan untuk tahap pertama
pembangunan. Adapun bantuan dari luar negeri, pemerintah Arab Saudi telah
berencana mengirimkan bantuan untuk mendukung pembangunan masji pada tahun
2009. Namun, bantuan Arab Saudi bernilai 50 juta dolar Amerika Serikat datang
bersamaan dengan gempa bumi sumatera Barat 2009 sehingga pemerintah melalui
badan perencanaan pembangunan nasional mengalihkan peruntukan bantuan untuk
keperluan rehabilitasi dan rekonstruksi di Sumatera Barat.
Sabtu, 22 April 2017
TUGAS PKN MINGGU 8
HUBUNGAN WAWASAN NUSANTARA DAN KETAHANAN NASIONAL
Diantara kedua hal tersebut
terdapat suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain. Wawasan nusantara yang
merupakan suatu kesamaan pandangan suatu bangsa mengenai diri dan lingkungannya
yang menjadi dasar pemikiran seluruh warga Negara Indonesia, tujuannya adalah
agar dapat terbentuk ketahanan nasional yang kuat pada bangsa tersebut yang
didasari kesamaan jati diri bangsa dan lingkungannya. Kemudian dari ketahanan
nasional yang kuat otomatis akan memiliki kekuatan politik yang kuat. Dengan
adanya politik yang kuat maka bangsa tersebut telah memiliki suatu pandangan
yang jelas mengenai perencanaan, pengembangan, pemeliharaan serta penggunaan
potensi nasional untuk mencapai tujuan nasional. Pandangan ini mempengaruhi
terhadap cara atau yang disebut sebagai suatu strategi nasional untuk mencapai
tujuan yang dicita-citakan (tujuan nasional bangsa Indonesia). Selain itu
bangsa tersebut akan diakui oleh masyarakat internasional sebagai bangsa yang
kuat dan kompak.
Wawasan nasional bangsa
Indonesia adalah wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses
pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional
merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional
tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu, diperlukan suatu
konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia.
Dengan adanya wawasan nusantara, kita harus dapat memiliki sikap dan perilaku
yang sesuai kejuangan, cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan
bangsa. Dalam kaitannya dengan pemuda penerus bangsa hendaknya ditanamkan sikap
wawasan nusantara sejak dini sehingga kecintaan mereka terhadap bangsa dan
negara lebih meyakini dan lebih dalam.
Dalam penyelenggaraan kehidupan
nasional agar tetap mengarah pada pencapaian tujuan nasional diperlukan suatu
landasan dan pedoman yang kokoh berupa konsepsi wawasan nasional untuk
mewujudkan aspirasi bangsa serta kepentingan dan tujuan nasional.
Wilayah Indonesia yang sebagian
besar adalah wilayah perairan mempunyai banyak celah kelemahan yang dapat
dimanfaatkan oleh negara lain yang pada akhirnya dapat meruntuhkan bahkan dapat
menyebabkan disintegrasi bangsa Indonesia. Indonesia yang memiliki kurang lebih
13.670 pulau memerlukan pengawasan yang cukup ketat. Dimana pengawasan tersebut
tidak hanya dilakukan oleh pihak TNI/Polri saja tetapi semua lapisan masyarakat
Indonesia. Bila hanya mengandalkan TNI/Polri saja yang persenjataannya kurang
lengkap mungkin bangsa Indonesia sudah tercabik – cabik oleh bangsa lain.
Dengan adannya wawasan nusantara kita dapat mempererat rasa persatuan di antara
penduduk Indonesia yang saling berbhineka tunggal ika.
Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah
wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional
menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang
harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan
dengan sukses. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa wawasan nusantara dan
ketahanan nasional merupakan dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai
pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap jaya
dan berkembang seterusnya Oleh karena itu, diperlukan suatu konsepsi ketahanan
nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dengan adanya wawasan
nusantara, kita harus dapat memiliki sikap dan perilaku yang sesuai kejuangan,
cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Dalam kaitannya
dengan pemuda penerus bangsa hendaknya ditanamkan sikap wawasan nusantara sejak
dini sehingga kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara lebih meyakini dan
lebih dalam.
SUMBER : sumber buku pengangan mahasiswa PKN
Sabtu, 15 April 2017
TUGAS PKN MINGGU 7
WAWASAN NUSANTARA
Apa sih wawasan nusantara itu? Bagaimana sikap yang sesuai
dengan wawasan nusantara?
Jadi Wawasan Nusantara itu
adalah Cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk
geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya, wawasan
nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk
mencapai tujuan nasional. Sikap yang sesuai dengan Wawasan nusantara adalah dengan
menerapkan aspek-aspek yang ada di Wawasan Nusantara contonya seperti Penerapan
di bidang sosial budaya terlihat dari dilanjutkannya kebijaksanaan menjadikan
bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika Sebangsa, Setanah Air, Senasib
Sepenanggungan dan berasas Pancasila. Tingkat kemajuan masyarakat yang sama
merata dan seimbang terlihat dari tersedianya sekolah di seluruh pelosok tanah
air dan adanya Universitas di setiap provinsi. Hal ini juga dapat terlihat dari
sisi budaya indonesia pada hakekatnya adalah satu, sedangkan corak ragam budaya
yang ada menggambarkan kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan
pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh
seluruh bangsa indonesia. Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasan
nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan
nasional. Jadi sebagai warga negara yang baik kita sepatutnya menghargai dan
menghormati segala macam perbedaan, tetapi arti perbedaan disini ialah
perbedaan yang bersifat positif dan tidak melanggar hukum yang ada dengan itu
kita bisa menjadi warga negara yang lebih baik lagi.
Cukup sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan yang
ada....
TERIMAKASIH
SUMBER
Buku Pegangan Mahasiswa PKN
Sabtu, 08 April 2017
TUGAS PKN MINGGU 6
KEWAJIBAN
WARGA NEGARA DALAM MEMBELA NEGARA
Apakah yang dimaksud bela negara itu?? Apa contoh nyata bela
negara yang pernah dilakukan bangsa indonesia setelah kemerdekaan??
Apakah yang dimaksud bela negara itu??
Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat
perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang , suatu kelompok atau seluruh
komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara
tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan
menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara
tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk
serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui
pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang
menyusun bangsa tersebut.
Apa contoh nyata bela negara yang pernah dilakukan bangsa
indonesia setelah kemerdekaan??
Sejak tahun-tahun pertama sesudah proklamasi kemerdekaan 17
agustus 1945, telah terjadi pemberontakan secara berturut-turut , baik dengan
tujuan menggulingkan Negara Kesatuan RI maupun usaha untuk menggati Pancasila
dengan ideologi lain serta maraknya gerakan separatisme dengan mendirikan
negara tersendiri lepas dari Negara Kesatuan RI.
Berikut berbagai pemberontakan yang
terjadi setelah kemerdekaan indonesia antara lain sebagai berikut.
a. Agresi Belanda pertama dan kedua.
b. Peristiwa Angkatan Perang Ratu Adil
di Bandung.
c. Republik Maluku Selatan di Makasar.
d. Pemberontakan PKI di Madiun.
e. Pemberontakan DI/TII Kartosuwrjo di
Jawa Barat.
f. Pemberontakan DI/TII Kahar Muzakar di
Sulawesi.
g. Pemberontakan PRRI/Persemesta
h. Pemberontakan G 30 S-PKI
Silih berganti berbagai pemebrontakan
dan cobaan baik yang dtang dari luar maupun dari dalam tersebut dapat diatasi
oleh bangsa indonesia meskipun dengan pengorbanan yang sangat besar baik nyawa
harta maupun tenaga, sehingga sampai hari ini negara kesatuan Republik Indonesia
masih berdiri tegak
Kesimpulan
Bela negara adalah membela kepentingan nasional pada seluruh
aspek kehidupan nasional. Bela negara tidak hanya berhubungan dengan
kepenting-an militer semata tetapi kepentingan seluruh bangsa Indonesia. Bela
negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara sesuai dengan pasal 30
ayat 1 dalam perubahan kedua UUD 1945.
Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia
tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara.
Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan
cara lain seperti :
1. Ikut serta dalam mengamankan
lingkungan sekitar (seperti siskamling);
2. Ikut serta membantu korban bencana di
dalam negeri;
3. Belajar dengan tekun atau mata kuliah
Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
4. Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler
seperi Paskibra, PMR, Pramuka.
Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut
serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ancaman,
tantangan, hambatan, dan gangguan pada NKRI atau Negara Kesatuan Republik
Indonesia seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan
kesatuan NKRI. Kita sebagai pelajar juga ikut membela negara dengan cara
belajar yang tekun dan mengikuti ekstrakulikuler di sekolah. Di era globalisasi
ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pada Negara Indonesia tidak seperti
zaman sebelum kemerdekaan. Ancaman, tantangan, dan gangguan bisa diatasi dengan
pendidikan. Jika kita pintar kita tidak akan bisa dibodohi orang lain atau
negara lain.
Sumber:
Buku Pegangan Mahasiswa PKN
Langganan:
Postingan (Atom)