Jumat, 23 November 2018

KRITIK DOKTRINAL TEATER IMAX KEONG MAS TMII


KRITIK ARSITEKTUR
KRITIK DOKTRINAL TEATER IMAX KEONG MAS TMII
Kritik Arsitektur Doktrinal
Metode Kritik Doktrinal adalah metode yang menggunakan satu norma yang bersifat general, pernyataan prinsip yang tak terukur. Metode doktrinal ini merupakan metode yang digunakan untuk menganalisis bangunan yang secara fisik dapat langsung terlihat ciri dan gayanya dengan bangunan-bangunan sebelumnya dimana menjadi sebuah doktrin bagi si pengikutnya. Dan secara mutlak menjadi kriteria yang harus diikuti oleh lainnya.
Doktrin sebagai dasar dalam pengambilan keputusan desain arsitektur yang berangkat dari keterpesonaan dalam sejarah arsitektur.
§   Sejarah arsitektur dapat meliputi : Nilai estetika, etika, ideologi dan seluruh aspek budaya yang melekat dalam pandangan masyarakat. Melalui sejarah, kita mengenal :
Ø  Form Follow Function - Function Follow Form
Ø  Form Follow Culture - Form Follow World View
Ø  Less is More - Less is Bore
Ø  Big is beauty – Small is beauty
Ø  Buildings should be what they wants to be
Ø  Building should express : Structure, Function, Aspiration, Construction
Ø  Methods, Regional Climate and Material
Ø  Ornament is Crime - Ornament makes a sense of place, genius loci or extence of architecture.
§   Doktrin bersifat tunggal dalam titik pandangnya dan biasanya mengacu pada satu ‘ISME’ yang dianggap paling baik.



Kritik Arsitektur Doktrinal Teater Imax Keong Mas TMII
Teater Imax Keong Emas didirikan atas prakarsa Almarhumah Hj. lbu Tien Soeharto, dan mulai dioperasikan pada tanggal 20 April 1984 yang dimaksudkan sebagai sarana rekreasi yang mendidik guna memperkenalkan kekayaan alam dan budaya bangsa melalui tayangan film (audio-visual) layar raksasa dengan menggunakan kecanggihan teknologi sinematografi modem Proyektor IMAX dengan memutar film "Indonesia Indah". Dalam perkembangan selanjutnya pemutaran film di Teater Imax Keong Emas tidak hanya menampilkan film - film seri Indonesia Indah saja, namun juga diselingi dengan memutar film - film import yang bernuansa pendidikan dengan tema - tema hiburan, ilmu pengetahuan dan teknologi, maupun tema - tema lingkungan hidup. Teater IMAX Keong Emas menempati area tanah seluas 4,4 Ha dan dapat menampung sekitar 1.000 pengunjung. Karena kemegahan gedung dan perangkat teknologinya, teater ini sering mendapatkan sejumlah penghargaan dari berbagai lembaga. Salah satu penghargaan yang diterima datang dari lembaga Guiness Book of Record yang menganugerahi teater ini karena dianggap telah memecahkan rekor layar terbesar untuk teater IMAX di seluruh dunia dan meraih Sertifikat Museum Rekor Indonesia (Muri), karena merupakan replika bangunan terbesar di Indonesia.


Kelebihan dan Kekurangan Teater Imax Keong Mas TMII

Kelebihan :
§   Terdapatnya Ruang Terbuka Hijau Kawasan
§   Public Space
§   Ide dasar dari bentuk keong ini, berawal dari suatu Legenda Keong Emas cerita rakyat yang pouler di darah Jawa Tengah dan Jawa Timur
§   Bangunan kubah yang menggunakan sistem struktur cangkang.
§   Pondasi yang digunakan bangunan ini yaitu pondasi tiang pancang yang memiliki kedalaman sekitar 12 – 16 m, karena dilihat dari keadaan tanah yang rawan.
§   Kubah, memiliki permukaan kelengkungan satu arah (singly curved)
§   Hyperbolic Paraboloid, memiliki permukaan kelengkungan dua arah (double curved)
§   Barel, memiliki permukaan kelengkungan satu arah (singly curved)
Kekurangan :
§   Site berada di daerah yang rawan gempa.
§   Butuh ketelitian saat membuat struktur cangkangnya. Akibatnya membutuhkan waktu yang lama untuk menyelsaikannya.
§   kendala yang dihadapi kini adalah ongkos perawatan teknologi Imax yang tinggi serta biaya sewa film yang mahal, "Sementara untuk operasional serta agar modal kembali, kita hanya mengandalkan pembelian tiket dari para pengunjung," jelas Ery lagi.

Jumat, 02 November 2018

KRITIK DESKRIPTIF MASJID RAYA SUMATRA BARAT


KRITIK ARSITEKTUR
KRITIK DESKRIPTIF MASJID RAYA SUMATRA BARAT

Kritik Arsitektur Deskriptif
Kritik Arsitektur Deskriptif bersifat tidak menilai, tidak menafsirkan atau semata-mata membantu orang melihat apa yang sesungguhnya ada. Kritik ini berusaha mencirikan fakta-fakta yang menyangkut sesuatu lingkungan tertentu.
Dibandingkan metode kritik yang lain metode kritik deskriptif tampak lebih nyata (faktual) deskriptif mencatatat fakta-fakta pengalaman seseorang terhadap bangunan atau kota.
Kritik Arsitektur Deskriptif terdiri dari 3 metode yaitu :
1.        Kritik Depiktif / Depictive Criticism (Gambaran Bangunan)
2.        Kritik Biografis / Biographical Criticism (Riwayat Hidup)
3.        Kritik Kontekstual / Contextual Critism (Peristiwa)

Kritik Arsitektur Deskriptif Masjid Raya Sumatra Barat

1.        Kritik Depiktif / Depictive Criticism (Gambaran Bangunan)
Kritik depiktif tidak dapat disebut kritik sepenuhnya karena tidakmenggunakan pernyataan baik atau buruk. Kritik ini fokus pada bagian bentuk, material, serta texture. Kritik depiktif pada sebuah bangunan jarang digunakan karena tidak menciptakan sesuatu yang kontroversial dan dikarenakan cara membawakan verbal mengenai fenomena fisik jarang provocative atau seductive untuk menahan keinginan pembaca untuk tetap memperhatikan. Fotografi paling sering digunakan ketika ketelitian dalam penggambaran bahan bangunan diinginkan.
2.        Kritik Biografis / Biographical Criticism (Riwayat Hidup)
Masjid raya sumatra barat juga dikenal dengan “masjid mahligai minang” masjid ini masjid terbesar di sumatra barat, terletak menghadap jalan khatib sulaiman, kecamatan padang utara, kota padang. Masjid ini sejak awal tahun 2012 dijadikan pusat kegiatan keagamaan oleh pemerintah provinsi.

Nama bangunan          : Masjid Raya Sumatra Barat
Lokasi                         : Kota padang, Sumatra Barat
Arsitek                                    : Rizal Muslimin
Luas tanah                   : 40.343 m²
Luas bangunan            : 4.430 m²
Daya tampung             : 5000-6000 orang
Arsitektur masjid ini memakai rancangan yang dikerjakan oleh arsitek rizal muslimin, pemenang sayembara desain yang diikuti oleh 323 arsitek dari berbagai negara pada tahun 2007. Kosntruksi bangunan dirancang menyikapi kondisi geografis sumatra barat yang beberapa kali diguncang gempa berkekuatan besar. Menurut rancangan, kompleks bangunan akan dilengkapi pelataran, taman, menara, ruang serbaguna, fasilitas komersial, dan bangunan pendukung untuk kegiatan pendidikan.
Masjid raya sumatra barat menampilkan arsitektur modern yan tak identik dengan kubah. Atap bangunan menggambarkan bentuk bentangan kain yang digunakan untuk mengusung batu hajar aswad. Ketika empat kabilah suku quraisy di mekkah berselisih pendapat mengenai siapa yang berhak memindahkan batu hajar aswad ke tempat semula setelah renovasi kabah, Nabi Muhammad SAW memutuskan meletakkan batu hajar aswad di atas selembar kain sehingga dapat diusung bersama oleh perwakilan dari setiap kabilah dengan memegang masing-masing sudut kain. Ruang utama dignakan untuk sholat, dilantai dua adalah ruang lepas. Lantai dua dengan elevasi tujuh meter dapat diakses langsung melalui ramp, teras terbuka yang melandai ke jalan. Dengan luas 4.430 meter persegi, lantai dua diperkirakan dapat menampung 5000-6000 jemaah. Lantai dua ditopang oleh 631 tiang pancang dengan pondasi poer berdiamter 1,7 meter pada kedalaman 7,7 meter. Dengan kondisi topografi yang masih dalam kedaaan rawa, kedalaman setiap pondasi tidak dipatok karena menyesuaikan titik jenuh tanah-tanah. Adapun lantai tiga berupa mezanin berbentuk leter U memiliki luas 1.832 meter persegi. Konstruksi rangka atap menggunakan pipa baja. Gaya vertikal beban atap didistribusikan oleh empat kolom beton miring setinggi 47 meter dan dua balok beton lengkung yang mempertemukan kolom beton  miring secara diagonal. Setiap kolom miring ditancapkan kedalam tanah dengan kedalaman 21 meter, memiliki pondasi tiang bor sebanyak 24 titik dengan diameter 80 centimeter. Pekerjaan kolom miring melewati 13 tahap pengecoran selama 108 hari dengan memperhatikan titik koordinat yang tepat.


3.        Kritik Kontekstual / Contextual Critism (Peristiwa)

Kompleks masjid raya sumatra barat menempati area seluas 40,343 m² di perempatan jalan khatib sulaiman dan jalan ahmad dahlan. Bangunan utama yakni masjid terdiri dari 3 lantai dengan denah seluas 4,430 m². Perletakkan batu pertama sebagai tanda dimulainya pembangunan dilakukan pada 21 desember 2007 oleh gubernur sumatra barat gamawan fauzi. Sampai tahun 2012, pengerjaan pembangunan masjid telah melewati 4 tahap. Tahap pertama untuk menyelusaikan struktur bangunan menghabiskan waktu dua tahun sejak dimulai pada awal tahun 2008. Tahap kedua dilanjutkan dengan pengerjaan ruang salat dan tempat wudu pada tahun 2010. Tahap ketiga selama tahun berikutnya meliputi pemasangan keramik lantai dan eksterior masjid. Tiga tahap pertama berjalan dengan mengandalkan akomondasi APBD Sumatra Barat sebesar Rp 103,871 miliar, Rp 15,288 miliar, dan 31 miliar. Memasuki tahap keempat yang dimulai pada pertengahan 2012, pengerjaan menggunakan kontrak tahun jamak. Tahap keempat mengandalkan anggaran sebesar Rp 25,5 miliar untuk menyelesaikan ramp, teras yang melandai ke jalan. Pekerjaan pun sempat terhenti selama tahun 2013 karena ketiadaan anggran dari provinsi. Terkait keterbatasan pendanaan, alokasi APBD Sumatera Barat untuk pembangunan masjid semula direncanakan hanya sebagai dana stimulan. Pada awalnya, panitia pembangunan yang diketuai oleh marlis rahman sempat menghimpun sumbangan masyarakat untuk membantu pembangunan masjid disamping melakukan kerja sama dengan pihak swasta dan negara timur tengah. Bantuan dari masyarakat dan perantau, termasuk donasi via nada sambung hanya berjalan untuk tahap pertama pembangunan. Adapun bantuan dari luar negeri, pemerintah Arab Saudi telah berencana mengirimkan bantuan untuk mendukung pembangunan masji pada tahun 2009. Namun, bantuan Arab Saudi bernilai 50 juta dolar Amerika Serikat datang bersamaan dengan gempa bumi sumatera Barat 2009 sehingga pemerintah melalui badan perencanaan pembangunan nasional mengalihkan peruntukan bantuan untuk keperluan rehabilitasi dan rekonstruksi di Sumatera Barat.

Sabtu, 22 April 2017

TUGAS PKN MINGGU 8




HUBUNGAN WAWASAN NUSANTARA DAN KETAHANAN NASIONAL



Hasil gambar untuk HUBUNGAN WAWASAN NUSANTARA DAN KETAHANAN NASIONAL



Diantara kedua hal tersebut terdapat suatu keterkaitan antara satu dengan yang lain. Wawasan nusantara yang merupakan suatu kesamaan pandangan suatu bangsa mengenai diri dan lingkungannya yang menjadi dasar pemikiran seluruh warga Negara Indonesia, tujuannya adalah agar dapat terbentuk ketahanan nasional yang kuat pada bangsa tersebut yang didasari kesamaan jati diri bangsa dan lingkungannya. Kemudian dari ketahanan nasional yang kuat otomatis akan memiliki kekuatan politik yang kuat. Dengan adanya politik yang kuat maka bangsa tersebut telah memiliki suatu pandangan yang jelas mengenai perencanaan, pengembangan, pemeliharaan serta penggunaan potensi nasional untuk mencapai tujuan nasional. Pandangan ini mempengaruhi terhadap cara atau yang disebut sebagai suatu strategi nasional untuk mencapai tujuan yang dicita-citakan (tujuan nasional bangsa Indonesia). Selain itu bangsa tersebut akan diakui oleh masyarakat internasional sebagai bangsa yang kuat dan kompak.

Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Oleh karena itu, diperlukan suatu konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dengan adanya wawasan nusantara, kita harus dapat memiliki sikap dan perilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Dalam kaitannya dengan pemuda penerus bangsa hendaknya ditanamkan sikap wawasan nusantara sejak dini sehingga kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara lebih meyakini dan lebih dalam.
Dalam penyelenggaraan kehidupan nasional agar tetap mengarah pada pencapaian tujuan nasional diperlukan suatu landasan dan pedoman yang kokoh berupa konsepsi wawasan nasional untuk mewujudkan aspirasi bangsa serta kepentingan dan tujuan nasional.
Wilayah Indonesia yang sebagian besar adalah wilayah perairan mempunyai banyak celah kelemahan yang dapat dimanfaatkan oleh negara lain yang pada akhirnya dapat meruntuhkan bahkan dapat menyebabkan disintegrasi bangsa Indonesia. Indonesia yang memiliki kurang lebih 13.670 pulau memerlukan pengawasan yang cukup ketat. Dimana pengawasan tersebut tidak hanya dilakukan oleh pihak TNI/Polri saja tetapi semua lapisan masyarakat Indonesia. Bila hanya mengandalkan TNI/Polri saja yang persenjataannya kurang lengkap mungkin bangsa Indonesia sudah tercabik – cabik oleh bangsa lain. Dengan adannya wawasan nusantara kita dapat mempererat rasa persatuan di antara penduduk Indonesia yang saling berbhineka tunggal ika.

 Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Sedangkan ketahanan nasional merupakan kondisi yang harus diwujudkan agar proses pencapaian tujuan nasional tersebut dapat berjalan dengan sukses. Secara ringkas dapat dikatakan bahwa wawasan nusantara dan ketahanan nasional merupakan dua konsepsi dasar yang saling mendukung sebagai pedoman bagi penyelenggaraan kehidupan berbangsa dan bernegara agar tetap jaya dan berkembang seterusnya Oleh karena itu, diperlukan suatu konsepsi ketahanan nasional yang sesuai dengan karakteristik bangsa Indonesia. Dengan adanya wawasan nusantara, kita harus dapat memiliki sikap dan perilaku yang sesuai kejuangan, cinta tanah air serta rela berkorban bagi nusa dan bangsa. Dalam kaitannya dengan pemuda penerus bangsa hendaknya ditanamkan sikap wawasan nusantara sejak dini sehingga kecintaan mereka terhadap bangsa dan negara lebih meyakini dan lebih dalam.




SUMBER : sumber buku pengangan mahasiswa PKN

Sabtu, 15 April 2017

TUGAS PKN MINGGU 7

WAWASAN NUSANTARA



Apa sih wawasan nusantara itu? Bagaimana sikap yang sesuai dengan wawasan nusantara?


Jadi Wawasan Nusantara itu adalah Cara pandang dan sikap bangsa indonesia mengenai diri dan bentuk geografinya berdasarkan Pancasila dan UUD 1945. Dalam pelaksanaannya, wawasan nusantara mengutamakan kesatuan wilayah dan menghargai kebhinekaan untuk mencapai tujuan nasional. Sikap yang sesuai dengan Wawasan nusantara adalah dengan menerapkan aspek-aspek yang ada di Wawasan Nusantara contonya seperti Penerapan di bidang sosial budaya terlihat dari dilanjutkannya kebijaksanaan menjadikan bangsa Indonesia yang Bhineka Tunggal Ika Sebangsa, Setanah Air, Senasib Sepenanggungan dan berasas Pancasila. Tingkat kemajuan masyarakat yang sama merata dan seimbang terlihat dari tersedianya sekolah di seluruh pelosok tanah air dan adanya Universitas di setiap provinsi. Hal ini juga dapat terlihat dari sisi budaya indonesia pada hakekatnya adalah satu, sedangkan corak ragam budaya yang ada menggambarkan kekayaan budaya yang menjadi modal dan landasan pengembangan budaya bangsa seluruhnya, yang hasil-hasilnya dapat dinikmati oleh seluruh bangsa indonesia. Wawasan nasional bangsa Indonesia adalah wawasan nusantara yang merupakan pedoman bagi proses pembangunan nasional menuju tujuan nasional. Jadi sebagai warga negara yang baik kita sepatutnya menghargai dan menghormati segala macam perbedaan, tetapi arti perbedaan disini ialah perbedaan yang bersifat positif dan tidak melanggar hukum yang ada dengan itu kita bisa menjadi warga negara yang lebih baik lagi.



Cukup sekian dari saya mohon maaf bila ada kesalahan yang ada....
TERIMAKASIH



SUMBER
Buku Pegangan Mahasiswa PKN




Sabtu, 08 April 2017

TUGAS PKN MINGGU 6

KEWAJIBAN WARGA NEGARA DALAM MEMBELA NEGARA


Apakah yang dimaksud bela negara itu?? Apa contoh nyata bela negara yang pernah dilakukan bangsa indonesia setelah kemerdekaan??



Apakah yang dimaksud bela negara itu??


Bela negara adalah sebuah konsep yang disusun oleh perangkat perundangan dan petinggi suatu negara tentang patriotisme seseorang , suatu kelompok atau seluruh komponen dari suatu negara dalam kepentingan mempertahankan eksistensi negara tersebut. Secara fisik, hal ini dapat diartikan sebagai usaha pertahanan menghadapi serangan fisik atau agresi dari pihak yang mengancam keberadaan negara tersebut, sedangkan secara non-fisik konsep ini diartikan sebagai upaya untuk serta berperan aktif dalam memajukan bangsa dan negara, baik melalui pendidikan, moral, sosial maupun peningkatan kesejahteraan orang-orang yang menyusun bangsa tersebut.

Apa contoh nyata bela negara yang pernah dilakukan bangsa indonesia setelah kemerdekaan??





Sejak tahun-tahun pertama sesudah proklamasi kemerdekaan 17 agustus 1945, telah terjadi pemberontakan secara berturut-turut , baik dengan tujuan menggulingkan Negara Kesatuan RI maupun usaha untuk menggati Pancasila dengan ideologi lain serta maraknya gerakan separatisme dengan mendirikan negara tersendiri lepas dari Negara Kesatuan RI.

Berikut berbagai pemberontakan yang terjadi setelah kemerdekaan indonesia antara lain sebagai berikut.
a.    Agresi Belanda pertama dan kedua.
b.    Peristiwa Angkatan Perang Ratu Adil di Bandung.
c.    Republik Maluku Selatan di Makasar.
d.    Pemberontakan PKI di Madiun.
e.    Pemberontakan DI/TII Kartosuwrjo di Jawa Barat.
f.     Pemberontakan DI/TII Kahar Muzakar di Sulawesi.
g.    Pemberontakan PRRI/Persemesta
h.    Pemberontakan G 30 S-PKI

Silih berganti berbagai pemebrontakan dan cobaan baik yang dtang dari luar maupun dari dalam tersebut dapat diatasi oleh bangsa indonesia meskipun dengan pengorbanan yang sangat besar baik nyawa harta maupun tenaga, sehingga sampai hari ini negara kesatuan Republik Indonesia masih berdiri tegak


Kesimpulan


Bela negara adalah membela kepentingan nasional pada seluruh aspek kehidupan nasional. Bela negara tidak hanya berhubungan dengan kepenting-an militer semata tetapi kepentingan seluruh bangsa Indonesia. Bela negara merupakan hak dan kewajiban setiap warga negara sesuai dengan pasal 30 ayat 1 dalam perubahan kedua UUD 1945.
Dengan hak dan kewajiban yang sama setiap orang Indonesia tanpa harus dikomando dapat berperan aktif dalam melaksanakan bela negara. Membela negara tidak harus dalam wujud perang tetapi bisa diwujudkan dengan cara lain seperti :

1.    Ikut serta dalam mengamankan lingkungan sekitar (seperti siskamling);
2.    Ikut serta membantu korban bencana di dalam negeri;
3.    Belajar dengan tekun atau mata kuliah Pendidikan Kewarganegaraan (PKn)
4.    Mengikuti kegiatan ekstrakulikuler seperi Paskibra, PMR, Pramuka.

Sebagai warga negara yang baik sudah sepantasnya kita turut serta dalam bela negara dengan mewaspadai dan mengatasi berbagai macam ancaman, tantangan, hambatan, dan gangguan pada NKRI atau Negara Kesatuan Republik Indonesia seperti para pahlawan yang rela berkorban demi kedaulatan dan kesatuan NKRI. Kita sebagai pelajar juga ikut membela negara dengan cara belajar yang tekun dan mengikuti ekstrakulikuler di sekolah. Di era globalisasi ancaman, tantangan, hambatan dan gangguan pada Negara Indonesia tidak seperti zaman sebelum kemerdekaan. Ancaman, tantangan, dan gangguan bisa diatasi dengan pendidikan. Jika kita pintar kita tidak akan bisa dibodohi orang lain atau negara lain.


Sumber:
Buku Pegangan Mahasiswa PKN 

Sabtu, 01 April 2017

TUGAS PKN MINGGU 5

HAK ASASI MANUSIA DI INDONESIA


Apa sih HAM itu?? Apa saja contoh Ham yang ada di Indonesia?? Apakah masyarakat indonesia sudah menjalankan HAM di lingkungan sekitar???





Oke sekarang kita akan membahas apa sih HAM itu?? HAM yaitu Hak yang dimiliki manusia yang telah diperoleh dan dibawanya sejak dalam kandungan, dengan tidak membedakan, bangsa, ras, suku, agama, maupun jenis kelamin serta bersifat universal. Jadi sebagai manusia kita sudah mempunyai hak untuk bicara, berpendapat, dll. Hak ini sudah ada sejak kita masih dalam kandungan. Oleh sebab itu kita sebagai manusia mempunyai hak untuk mengutarakan pendapatnya, dan sebagai sesama manusia kita tidak boleh membeda-bedakan manusia baik dari ras, suku, bangsa, dan agama. Selama pendapat yang kita utarakan itu tidak mengandung sesuatu yang merugikan bagi manusia yang lain dan tidak membahayakan baik untuk diri sendiri maupun untuk manusia yang lain.



Sekarang apa saja sih contoh HAM di indonesia??
1.    Hak atas kebebasan untuk mengeluarkan pendapat
Setiap orang berhak mempunyai kebebasan dan mengeluarkan pendapat maksutnya mempunyai pendapat-pendapat dengan tidak mendapat gangguan, dan untuk mencari, menerima, dan menyampaikan keterangan-keterangan dan pendapat-pendapat dengan cara apapun juga dan tidak memandang batas-batas.
2.    Hak atas kedudukan yang sama dalam hukum
Semua orang sama terhadap hukum dan berhak ats perlindungan hukum yang sama tanpa diskriminasi. Jadi hukum menjamin semua orang akan perlindungan yang sama tidak membeda-bedakan ras, suku,warna kulit, kelamin, agama, pendapat politik atau pendapat lain
3.    Hak atas kebebasan berkumpul
Hak kebebasan berkumpul dan tidak ada satu pembatasan pun dapat dikenakan terhadap pelaksanaan hak ini, kecuali yang ditentukan oleh hukum dan yang diperlukan dalam masyarakt demokratis, demi kepentingan keamanan nasional atau keselamatan umum, ketertiban umum, perlindungan terhadap kesehatan dan moral umum atau perlindungan terhadap hak-hak serta kebebasan-kebebasan orang lain.  
4.    Hak atas kebebasan beragama
Hak ini mencakup kebebasan untuk memeluk atau menerima agama atau kepercayaan pilihannya, serta kebebasan untuk baik secara pribadi atau pun bersama anggota masyarakat lingkungannya serta secara terbuka atau tertutup, menyatakan agama atau kepercayaannya melalui agama atau kepercayaannya melalui ibadah, ketaatan, tindakan dan ajaran


Apakah masyarakat indonesia sudah menjalankan HAM di lingkungan sekitar??
Di indonesia ini sendiri HAM sudah banyak sekali yang dijalankan oleh masyarakat sekitar baik dalam di lingkungan sekitar rumahnya, ataupun di masyarakat luas, jadi sebagai warga negara yang baik kita wajib mengamalkan HAM baik untuk keluarga, teman, maupun orang yang belum kita kenal karena itu sebagian dari hak-hak asasi manusia yang sudah ada sebelum manusia itu lahir kedunia ini. Mungkin itu saja yang bisa saya bahas kurang lebihnya saya mohon maaf jika ada kesalahan dalam tulisan ini, semoga bermanfaat.


SUMBER
Buku Pegangan Mahasiswa PKN


Sabtu, 25 Maret 2017

TUGAS PKN MINGGU 4

PERKEMBANGAN DEMOKRASI DI INDONESIA


Indonesia merupakan salah satu negara yang menerapkan sistem demokrasi, tapi bagaimana masyarakat indonesia menerapkannya di lingkungan?? Apakah semua masyarakat indonesia sudah menerapkannya. Sekilas saya akan memberikan contoh perilaku yang mewujudkan budaya demokrasi di indonesia ini.



1.         Budaya Demokrasi di Lingkungan Rumah
a.          Bersikap terbuka terhadap kedua orang tua dan anggota keluarga yang lain.
b.         Menyampaikan pendapat dengan baik dan sopan serta tidak memaksakan kehendak.
c.          Mencoba memahami keadaan kesulitan yang dialami keluarga dengan baik.
d.         Menyelesaikan masalah dalam keluarga dengan musyawarah secara ke-keluargaan.

2.        Budaya Demokrasi di Lingkungan Sekolah
a.     Bersikap saling menghormati dan menghargai dengan sesama warga di sekolah (kepala sekolah, guru, teman, dan warga sekolah yang lain.)
b.  Menyelesaikan setiap persoalan yang ada di lingkungan kelas ataupun sekolah dengan cara musyawarah untuk mencapai munfakat (misalnya, saat pemiliha ketua kelas, Ketua OSIS, dan penyusunan kelompok piket)
c.    Dapat melaksanakan keputusan yang diambil sebagai kesepakatan bersama dengan penuh tanggung jawab.
d.    Melibatkan semua pihak dalam memecahkan setiap pesoalan yang ada di sekolah.

3.        Budaya Demokrasi di Lingkungan Masyarakat dan Negara
a.  Saling menghormati dan menghargai dengan sesama orang lain di lingkungan masyarakat dan negara.
b.  Memecahkan setiap persoaalan yang terjadi di lingkungan masyarakat dengan cara musyawarah untuk mencapai mufakat.
c.    Ikut melaksanakan hasil keputusan bersama dengan penuh tanggung jawab.
d.  Bagi pelajar yang telah berusia 17 tahun dapat berperan serta dalam pemilihan umum yan berlangsung sejak orde lama hingga masa reformasi. Keikursertaan dalam pemilu ini harus dilakukan dengan asas langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, dan adil.

Kesimpulannya:
jadi sebagai warga negara yang bertanggung jawab, kita harus mampu bersikap dan berperilkaku demokrasi dalam setiap aktifitas, baik dirumah, sekolah, dan lingkungan masyarakat dengan didasari nilai-nilai pancasila.


Sumber :
Buku- Modul-Kuliah-Pancasila.pdf